Jumat, 14 April 2017

Kesaktian Antigen Golongan Darah A dan B Ketika Sakit Menyerang Dirimu

Golongan darah tentunya telah di ketahui oleh banyak orang. Dalam dunia medis terdapat empat jenis golongan darah yaitu A, B, O dan AB. Masing-masing golongan darah mempunyai karakteristik dan sifatnya masing-masing. Ketika ingin melakukan donor darah tidak sembarang darah dapat di donorkan, hanya golongan darah yang memiliki tekanan tertentu dan memiliki kecocokan darah yang boleh mendonorkan darahnya.

Dalam sebuah penilitian mengungkapkan fakta unik mengenai perbedaan golongan darah tersebut. Dalam sel darah merah terdapat antigen, biasanya golongan darah A, B, dan AB mempunyai antigen A atau B. Sedangkan Golongan darah O tidak memilikinya, Apa fungsinya antigen tersebut ?.

golongan darah
Sumber : Pexles
Pakar kesehatan menentukan bahwa antigen ini dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, dimana dapat meningkatkan respon terhadap sel ketika tubuh terserang sebuah penyakit. Dalam tubuh manusia terdapat banyak sekali sel yang penting bagi sistem kekebalan tubuh. Peran dari antigen A atau B ini dalam tubuh yaitu dapat menentukan sel mana yang di gunakan untuk menyerang penyakit, dan sel yang tidak digunakan dapat beristirahat.

Namun sangat disayangkan ada fakta lain mengenai antigen ini, dalam penelitian mengungkapkan bahwa sel darah merah yang terdapat antigen A atau B dapat dengan mudah terserang penyakit malria. Penderita malaria yang memliki antigen A atau B harus berhati-hati dan segera lakukan penanganan karena dapat memperburuk berkembangan dari penyakit ini.

Tapi jangan khawatir bagi pemilik golongan darah yang memiliki antigen A atau B, karena jika kita menjaga pola hidup sehat maka tubuh juga tidak akan dengan mudah terserang penyakit. Di lain sisi pemilik golongan darah O justru memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat terhadap penyakit malaria.

Dan bila pemilik golongan darah O terserang malaria maka sistem kekebalan tubuh akan bekerja cepat sehingga penyembuhan lebih cepat. Sayangnya hal ini tidak berpengaruh pada penyakit kolera yang lebih memerlukan antigen A dan B untuk mencegah kolera menyerang sistem pencernaan dalam tubuh.

Sebaik baiknya sistem dalam tubuh kita lebih baik jika kita menjaga tubuh kita dengan berolah raga dan mengatur pola hidup sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar